Lifestyle

Senin, 14 Oktober 2024 16:55 WIB

Banyak Pria di China ‘Resign’ Kerja demi Jadi Bapak Rumah Tangga

IN Today Media

Ilustrasi Bapak dan Anak (Foto: Istimewa).

Fenomena 'bapak rumah tangga' semakin tren di China. Banyak pria yang memilih 'resign' dari pekerjaan untuk fokus menyelesaikan tugas rumah tangga termasuk memasak, membersihkan rumah, hingga mengasuh anak-anak. Mereka menilai keputusan untuk tinggal di rumah adalah pilihan tepat.


Chen Hualiang, pria China berusia 30-an meninggalkan pekerjaannya sebagai manajer proyek, ia memilih mengerjakan tugas-tugas rumah tangga yang biasanya dilakukan istrinya. Chen menentang tradisi patriarki yang sudah mengakar dan bahkan menginspirasi sebuah acara TV populer di China.


Mantan manajer proyek tersebut meninggalkan pekerjaan melelahkan untuk bergabung dengan kelompok bapak rumah tangga.


"Pada awalnya, ketika bekerja, seseorang memimpikan karier yang hebat dan uang ini akan membantu keluarga," katanya kepada wartawan, dikutip dari JapanToday, Kamis (10/10/2024).


Baca juga: Lolos Olimpiade Paris 2024, Rifda Irfanaluthfi Bertekad Cetak Sejarah untuk Indonesia

"Namun, tidak ada yang pasti, dan gaji belum tentu merupakan hal yang paling dibutuhkan keluarga."


Norma sosial di China selama berabad-abad telah menetapkan laki-laki sebagai pencari nafkah, sementara perempuan bak wajib mengurus rumah tangga dan anak-anak. Bagi Chen, keputusannya untuk tinggal di rumah adalah pilihan tepat. Ia memberikan waktu luang bagi istrinya. Istri Chen bernama Mao Li, penulis buku terlaris tentang bagaimana fenomena bapak rumah tangga menjadi hal yang normal.


"Di awal pernikahan kami, saya bertanya-tanya tentang kesediaannya untuk membantu sebagai seorang suami," kata Mao.


"Ia banyak bekerja, jadi ia tidak membantu saya mengurus anak-anak dan tidak terlalu memperhatikan saya. Namun, sekarang ia mengurus anak-anak dan tinggal di rumah, saya merasa ia sangat membantu," sebut Mao.


Di Xiaohongshu, Instagram versi China, para ayah muda yang tinggal di rumah dengan bangga mempromosikan pilihan gaya hidup mereka. Chang Wenhao (37) seorang kreator konten dan pengusaha pendidikan dari kota Zhuhai, China selatan, adalah salah satu orang yang beralih haluan.


Ia menyesuaikan jam kerjanya agar 80 persen sisa waktu dapat digunakan untuk putrinya yang masih berusia tujuh tahun dan putranya berusia lima tahun. Ia mengajak anak-anaknya berkemah, berkuda, bersepeda, dan mendaki gunung.


"Dalam hal metode pendidikan, dorongan, cara membangun rasa percaya diri, mengembangkan keterampilan mereka, kemandirian mereka dalam hidup, saya memberikan mereka hal-hal yang tidak mereka pelajari di sekolah atau dari orang dewasa lainnya," katanya. (Istimewa/FIN)

Simak Video 'Sleeper Train, Kereta Sultan yang Memanjakan Penumpangnya':

Komentar

...
Entertainment
Tiket Fan Meetup Lisa BLACKPINK Disebut Mahal, Belum Sold Out
Harga tiket Fan Meetup Lisa BLACKPINK di Jakarta pada 15 November 2024 mendatang dikeluhkan penggemar lantaran harganya dinilai terlalu mahal. Tiket termurah dibande...

24/10/2024, 14:51 WIB

...
Entertainment
Liam Payne Wariskan Rp930 Miliar untuk Anak Semata Wayangnya
Liam Payne dilaporkan mewariskan seluruh harta kekayaannya yang berjumlah 46 juta pound sterling atau Rp930 miliar untuk anak semata wayangnya, Bear. Rencana mewaris...

24/10/2024, 14:46 WIB

...
Entertainment
Kembali Eksis, Rilis Single ‘Kecanduan’
Band Samsons telah menginjak usia 21 tahun. Untuk merayakannya, Samsons merilis single berjudul ‘Kecanduan’ pada 16 Oktober 2024....

24/10/2024, 14:41 WIB

...
News
Tarif Pembuatan Paspor RI Jadi Rp950 Ribu, Berlaku 10 Tahun
Pemerintah resmi merilis tarif baru pembuatan paspor di Indonesia. Perubahan biaya itu tercantum dalam PP Nomor 45 Tahun 2024 tentang Jenis dan Tarif. Pelayanan keim...

24/10/2024, 14:35 WIB

...
News
Turis Italia Tewas Tertusuk Ikan Todak saat Berselancar di Mentawai
Kepulauan Mentawai kembali menjadi sorotan setelah seorang turis wanita asal Italia, Giulia Manfrini (36), tewas tertusuk ikan todak saat berselancar di perairan Pul...

24/10/2024, 14:31 WIB