News

Senin, 19 Agustus 2024 14:05 WIB

Penuh Haru, Orang Tua Almarhum Maba UGM Gantikan Anak Ikut Kuliah Perdana

IN Today Media

Orang Tua Marchia RM Hutabarat (Foto: Istimewa).

Marchia RM Hutabarat seharusnya duduk di bangku kelas kuliahnya pagi itu, Rabu 14 Agustus 2024 bersama-sama dengan para mahasiswa baru lainnya. Ia diterima di Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (FEB UGM). Namun ia meninggal dunia dua bulan lalu, pada 17 Juni 2024.


Sosok Marchia diperkenalkan pada teman-teman oleh kedua orang tuanya, Sebastian Hutabarat dan Imelda Tiurniari Napitupulu, yang hadir bersama kakaknya, Nada. Orang tua Marchia menuturkan, sang anak meninggal dunia karena sakit dan tidak sempat merasakan euforia kegiatan orientasi mahasiswa, terlebih masa awal kuliah.


Suasana haru meliputi perkuliahan hari itu. Sebastian bercerita, putrinya yang berprestasi dan kerap juara kelas diterima masuk UGM lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024. Marchia di mata sang ayah adalah anak yang sangat bersemangat dan punya tekad kuat untuk meraih impian. 


Ibu Marchia, Imelda, menuturkan ia dan sang anak sudah tiba di Yogyakarta sejak Juni 2024. Nada, kakak Marchia yang berkuliah di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, bantu mempersiapkan kebutuhan sang adik menjelang perkuliahan hingga mencarikan kos. Imelda bercerita, Marchia sempat berkunjung melihat suasana kampus FEB UGM.


Baca juga: Momen Jin BTS Bawa Obor Olimpiade Paris 2024!

"Marchia sempat foto di depan Gedung Pertamina Tower. Dia bilang kampusnya keren dan sempat merasa minder," kata sang ibu.


Imelda merayakan pencapaian sang putri masuk UGM dengan mengajak Marchia dan Nada jalan-jalan Nepal Van Java Magelang, Jawa Tengah. Namun, Marchia ditemukan pingsan setelah pulang ke penginapan.


"Saat tiba di penginapan, Marchia bilang akan mandi. Setelah 30 menit lebih kok tidak keluar-keluar, saya ketuk-ketuk tidak ada sahutan dan akhirnya pintu saya buka, Marchia sudah dalam kondisi pingsan," ucapnya.


Sang ibu semula mengira Marchia hanya bercanda. Namun, ia tak kunjung bangun. Marchia segera diberi pertolongan pertama dan dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat yang berjarak 15 km dari penginapan.


"Waktu itu yang terdekat Puskesmas, itu pun kondisi sepi karena libur Idul Adha. Saat tiba di sana saya sudah merasa kalau Marchia sudah enggak ada, dan ternyata benar," ucapnya. (Istimewa/FIN)

Simak Video 'Podcast With JFK: Siap Seru-Seruan Bareng di Jakarta Fair Kemayoran 2023??':

Komentar

...
News
KAI Wisata Hadirkan e-Porter Lewat Aplikasi Access by KAI
PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) meluncurkan layanan e-Porter melalui aplikasi Access by KAI untuk memudahkan penumpang kereta api dalam membawa barang. Layanan...

25/10/2024, 21:44 WIB

...
Entertainment
Tom Holland Bocorkan Spider-Man 4, Syuting Dijadwalkan Mulai 2025
Kabar gembira datang bagi para penggemar Spider-Man! Tom Holland, aktor yang memerankan Peter Parker dalam Marvel Cinematic Universe (MCU), mengungkapkan beberapa de...

25/10/2024, 21:42 WIB

...
News
Garuda Indonesia Tetapkan Biaya Tambahan untuk Kursi Tertentu Mulai 26 Oktober 2024
Garuda Indonesia akan menerapkan kebijakan baru terkait pemilihan kursi pada penerbangan domestik yang berlaku mulai 26 Oktober 2024. Penumpang kelas ekonomi kini ak...

25/10/2024, 13:44 WIB

...
Sport
Ranking FIFA Terbaru: Indonesia Turun Satu Posisi
Posisi ranking Indonesia di FIFA mengalami penurunan setelah hasil imbang saat melawan Bahrain dan kalah dari China pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dari hasil pan...

25/10/2024, 13:42 WIB

...
News
Pulang ke Solo, Jokowi Diundang Rapat RT dan Arisan Bapak-Bapak
Warga Solo menyambut hangat kepulangan mantan presiden ke-7 RI, Joko Widodo. Jokowi pulang ke Solo setelah purna tugas pada Minggu, 20 Oktober 2024. Rumah pribadi Jo...

25/10/2024, 13:36 WIB