News

Kamis, 11 Juli 2024 17:18 WIB

Viral Nama Nyeleneh Program Pemerintah, Mulai dari 'Sipepek' Hingga 'Simontok’

IN Today Media

Ilustrasi Aplikasi di HP (Foto: Istimewa).

Belakangan beberapa nama program pemerintah daerah juga kementrian jadi sorotan karena memakai akronim dengan nama nyeleneh. Bahkan ada akronim yang merujuk kepada kata-kata berbau seksualitas, mulai dari SIPEPEK hingga SISKA KU INTIP.  Berbagai aplikasi pemerintah yang nyeleneh ini pun jadi sorotan. Apa aja? 


Sipepek

Aplikasi berbasis Web di situs Kabupaten Cirebon ini memiliki kepanjangan, Sistem Informasi Administrasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (Sipepek) dan merupakan program penanggulangan kemiskinan dan jaminan kesehatan. 


Sithole

Sistem Informasi Konsultasi Online (Sithole), program berbasis web. Sithole merupakan salah satu sistem manajemen pengelolaan layanan Posbakum Pengadilan Negeri Semarang.


Baca juga: Selamat! Monica Sembiring dari Sumut Raih Mahkota Miss Indonesia 2024

Siska Ku Intip

Program yang diluncurkan oleh Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki kepanjangan Sistem Integrasi Kelapa Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Inti-Plasma (Siska Ku Intip). Program ini berfungsi untuk meningkatkan populasi ternak sapi potong, meningkatkan pendapatan pekebun dan peternak, hingga pelestarian lingkungan.


Simontok

Kali ini program dengan nama nyeleneh diluncurkan dari Kota Surakarta dan memiliki kepanjangan Sistem Monitoring Stok dan Kebutuhan Pangan Pokok (Simontok). Program berbentuk aplikasi ini berfungsi untuk monitoring stok dan kebutuhan pangan wilayah Surakarta.


Sisemok

Diluncurkan tahun 2021,Program berbasis web selanjutnya ini disediakan Bakesbangpol Kabupaten Pemalang. Kepanjangan Sisemok yakni, Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan (Sisemok), dibuat untuk memudahkan pelayanan terhadap pengajuan terkait ormas hingga parpol.


Sicantik

Sistem Pencatatan Kehadiran & Kinerja (Sicantik) merupakan program dari Kabupaten Bogor. Program ini difungsikan untuk mencatat kehadiran dan kinerja ASN di wilayah Kabupaten Bogor.


Siganteng

Sistem Informasi Ketenagalistrikan Jawa Tengah (Siganteng) merupakan program dari Provinsi Jawa Tengah. Program berfungsi untuk pengajuan terkait izin terkait ESDM di Jawa Tengah. (Istimewa/FIN)

Simak Video 'Podcast With Dahnil Anzar Simanjuntak: Nggak Nyangka! Dahnil Anzar Spill Sifat Asli Pak Prabowo':

Komentar

...
News
KAI Wisata Hadirkan e-Porter Lewat Aplikasi Access by KAI
PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) meluncurkan layanan e-Porter melalui aplikasi Access by KAI untuk memudahkan penumpang kereta api dalam membawa barang. Layanan...

25/10/2024, 21:44 WIB

...
Entertainment
Tom Holland Bocorkan Spider-Man 4, Syuting Dijadwalkan Mulai 2025
Kabar gembira datang bagi para penggemar Spider-Man! Tom Holland, aktor yang memerankan Peter Parker dalam Marvel Cinematic Universe (MCU), mengungkapkan beberapa de...

25/10/2024, 21:42 WIB

...
News
Garuda Indonesia Tetapkan Biaya Tambahan untuk Kursi Tertentu Mulai 26 Oktober 2024
Garuda Indonesia akan menerapkan kebijakan baru terkait pemilihan kursi pada penerbangan domestik yang berlaku mulai 26 Oktober 2024. Penumpang kelas ekonomi kini ak...

25/10/2024, 13:44 WIB

...
Sport
Ranking FIFA Terbaru: Indonesia Turun Satu Posisi
Posisi ranking Indonesia di FIFA mengalami penurunan setelah hasil imbang saat melawan Bahrain dan kalah dari China pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dari hasil pan...

25/10/2024, 13:42 WIB

...
News
Pulang ke Solo, Jokowi Diundang Rapat RT dan Arisan Bapak-Bapak
Warga Solo menyambut hangat kepulangan mantan presiden ke-7 RI, Joko Widodo. Jokowi pulang ke Solo setelah purna tugas pada Minggu, 20 Oktober 2024. Rumah pribadi Jo...

25/10/2024, 13:36 WIB