Politics

Minggu, 14 Januari 2024 20:29 WIB

Ganjar Pranowo Siap Tinjau Efektifitas Sekolah Lima Hari di Pendidikan Pesantren

IN Today Media

Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Jatimulya. (Foto: TPN Ganjar-Mahfud)

Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan, dirinya berkomitmen menjalankan UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pendidikan Pesantren. Hal itu disampaikan Ganjar saat berkunjung ke Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Jatimulya. Kedatangan Ganjar disambut meriah para santri.

 

Ganjar pun didoakan pimpinan pesantren agar menjadi presiden 2024. Ia mengaku telah lama mengagendakan untuk sowan ke Ponpes Ma’hadut Tholabah. Ganjar juga disambut KH Nasihun Isa Mufti (pengasuh Ponpes putri) dan KH Muhammad Syafii Baidowi (pengasuh Ponpes putra).

 

"Tinggal menjalankan karena sudah ada UU Pesantren. Semoga UU itu bisa membangun dan mengembangkan pendidikan pesantren," kata Ganjar, Jumat (12/1/2024).

Baca juga: TPN Sebut Ganjar-Mahfud Siap Kaji Ulang PP Pengupahan Pekerja Jika Menang Pilpres

 

Sejumlah masukan diterimanya saat berkunjung ke Ponpes tersebut. Salah satu masukan diberikan kepada Ganjar mengenai kebijakan lima hari sekolah (full day school) yang menjadikan jam sekolah bertambah hingga sore hari dapat dikaji ulang.

 

Ganjar mengatakan, dirinya akan mencatat masukan-masukan dari Ponpes termasuk mempertimbangkan sekolah lima hari. Apalagi, tidak semua wilayah kebijakan tersebut bisa diterapkan. "Boleh kok kalau mereka memang belum bisa melaksanakan itu, memang kalau di kota rata rata memungkinkan," ucap Ganjar.

 

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menuturkan, kegiatan keagamaan biasanya didapatkan anak-anak saat waktu sore selepas sekolah umum. Karena itulah, wajar saja ada masukan untuk kebijakan lima hari sekolah dikaji terlebih dahulu.

 

"Kalau di desa ada sih persoalan terkait transportasi. Kalau sisi lain tradisi di Pondok itu kan ngaji, itu aja waktu yang dibagi, boleh saja sih," urai Ganjar.

 

Sementara itu, KH Nasihun Isa Mufti mengaku bahagia mendapat tamu seorang calon presiden, yang juga mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu. "Hari ini kita kedatangan tamu seorang Capres, yakni Pak Ganjar. Insya Allah beliau terpilih menjadi Presiden 2024," ucapnya.

 

Menurutnya, Ganjar sangat peduli dengan nasionalisme. Itu dibuktikan saat menjabat Gubernur sangat tegas dalam memerangi radikalisme. "Kita tahu selama menjadi Gubernur beliau tegas memberantas radikalisme. Bahkan ada kepala sekolah yang terindikasi radikalisme diancam dipecat, waktu itu," paparnya.

 

Karena itu, KH Nasihun berpesan kepada Ganjar beberapa hal. Pertama untuk bisa memperhatikan pendidikan pesantren, mengevaluasi berlakunya sekolah lima hari. Selain itu, nantinya memperhatikan pupuk buat petani karena saat ini langka.

 

"Sekolah lima hari itu kasihan orang tua. Karena sekolahnya sampai sore. Anak-anak butuh waktu untuk mengaji. Dan soal kelangkaan pupuk untuk bisa diperhatikan," pungkasnya. (SAHABAT GANJAR/SOF)

Simak Video 'Podcast With Johan Budi: Sebut Tak Puas dengan Pemerintahan Jokowi?':

Komentar

...
News
Garuda Indonesia Tetapkan Biaya Tambahan untuk Kursi Tertentu Mulai 26 Oktober 2024
Garuda Indonesia akan menerapkan kebijakan baru terkait pemilihan kursi pada penerbangan domestik yang berlaku mulai 26 Oktober 2024. Penumpang kelas ekonomi kini ak...

25/10/2024, 13:44 WIB

...
Sport
Ranking FIFA Terbaru: Indonesia Turun Satu Posisi
Posisi ranking Indonesia di FIFA mengalami penurunan setelah hasil imbang saat melawan Bahrain dan kalah dari China pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dari hasil pan...

25/10/2024, 13:42 WIB

...
News
Pulang ke Solo, Jokowi Diundang Rapat RT dan Arisan Bapak-Bapak
Warga Solo menyambut hangat kepulangan mantan presiden ke-7 RI, Joko Widodo. Jokowi pulang ke Solo setelah purna tugas pada Minggu, 20 Oktober 2024. Rumah pribadi Jo...

25/10/2024, 13:36 WIB

...
News
Program Makan Gratis Prabowo akan Dimulai 2 Januari 2025
Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana memastikan program unggulan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka, yakni Makan Bergizi Gratis (MBG)...

25/10/2024, 11:27 WIB

...
News
Bus Pariwisata Angkut 58 Anak TK Terbakar di Tol Jatinegara
Bus pariwisata yang mengangkut puluhan anak TK ludes terbakar di KM 03 Tol Wiyoto Wiyono, Jatinegara, Jakarta Timur. Kebakaran diduga akibat korsleting pada bagian A...

25/10/2024, 11:24 WIB