News

Jumat, 25 Oktober 2024 11:24 WIB

Bus Pariwisata Angkut 58 Anak TK Terbakar di Tol Jatinegara

IN Today Media

Bus Bawa Rombongan Anak TK Terbakar (Foto: Istimewa).

Bus pariwisata yang mengangkut puluhan anak TK ludes terbakar di KM 03 Tol Wiyoto Wiyono, Jatinegara, Jakarta Timur. Kebakaran diduga akibat korsleting pada bagian AC. Kasiops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Abdul Wahid menyebut 58 anak TK yang ada di dalam bus berhasil menyelamatkan diri insiden kebakaran.


"Objek terbakar bus pariwisata mengangkut anak TK sebanyak 58 anak," ujar Kepala Seksi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Abdul Wahid.


"Penyebab korsleting AC. Kronologi dari bawah AC tiba-tiba ada percikan api di bagian mesin lalu api membesar," katanya.  


Bus mengangkut rombongan salah satu TK di Cikeas yang hendak latihan manasik haji dan berwisata ke Ancol. Namun, di tengah perjalanan, AC bus tidak terasa dingin. Saat sopir turun untuk melakukan pengecekan aki AC yang berada di bus bagian belakang, terjadi percikan api dan akhirnya terbakar.


Baca juga: KPK Akan Klarifikasi Penggunaan Private Jet oleh Kaesang-Erina

"Namun, pada saat di perjalanan dari Pondok Gede ke Ancol, AC bus mengalami kerusakan tidak terasa dingin. Karena hal itu, sopir meminggirkan busnya di Jalan Tol Wiyoto Wiyono Km 3 untuk mengecek aki AC," tuturnya.


Melihat adanya api tersebut, Nanang dengan sigap berusaha untuk memadamkan api. Nanag kemudian memerintahkan kernet, Ricko Purnama (20) untuk menurunkan para penumpang.


"Setelah itu sopir memberitahu saksi 1 (Ricko) untuk membantu memadamkan api, kemudian supir memerintahkan rombongan yang ada di dalam bus keluar dari bus tersebut," jelasnya.


Sedikitnya ada tiga unit mobil pemadam dan 13 personel dikerahkan guna menjinakan si jago merah. Beruntung tidak ada korban dalam insiden ini. Semua anak TK yang ada dalam bus dipastikan selamat. (Istimewa/FIN)

Simak Video 'Podcast With Bimo Kusumo: Voice Over Talent Itu Pekerjaan Mahal':

Komentar

...
News
Garuda Indonesia Tetapkan Biaya Tambahan untuk Kursi Tertentu Mulai 26 Oktober 2024
Garuda Indonesia akan menerapkan kebijakan baru terkait pemilihan kursi pada penerbangan domestik yang berlaku mulai 26 Oktober 2024. Penumpang kelas ekonomi kini ak...

25/10/2024, 13:44 WIB

...
Sport
Ranking FIFA Terbaru: Indonesia Turun Satu Posisi
Posisi ranking Indonesia di FIFA mengalami penurunan setelah hasil imbang saat melawan Bahrain dan kalah dari China pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dari hasil pan...

25/10/2024, 13:42 WIB

...
News
Pulang ke Solo, Jokowi Diundang Rapat RT dan Arisan Bapak-Bapak
Warga Solo menyambut hangat kepulangan mantan presiden ke-7 RI, Joko Widodo. Jokowi pulang ke Solo setelah purna tugas pada Minggu, 20 Oktober 2024. Rumah pribadi Jo...

25/10/2024, 13:36 WIB

...
News
Program Makan Gratis Prabowo akan Dimulai 2 Januari 2025
Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana memastikan program unggulan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka, yakni Makan Bergizi Gratis (MBG)...

25/10/2024, 11:27 WIB

...
Sport
FIFA Tak Tanggapi Permohonan Bahrain Soal Pindah Venue Pertandingan
Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, mengonfirmasi FIFA tidak akan menanggapi surat Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) soal permintaan pemindahan venue pertandingan...

25/10/2024, 11:20 WIB