Entertainment

Rabu, 03 Januari 2024 15:36 WIB

Disney Kehilangan Hak Cipta Mickey Mouse per Januari 2024, Kini Jadi Milik Umum

IN Today Media

Disney Mickey Mouse (Foto: Istimewa).

Perusahaan Disney kehilangan hak ciptanya atas tokoh kartun legendaris Mickey Mouse per 1 Januari 2024. Hak cipta ini berupa desain karakter Mickey Mouse yang tampil di animasi pendek berjudul Steamboat Willie pada 18 November 1928. Setelah Disney kehilangan hak ciptanya, desain Mickey Mouse kini jadi milik umum.


Artinya, para kreatif seperti kartunis kini dapat melakukan pengerjaan ulang dan menggunakan versi paling awal dari Mickey dan Minnie. Yang perlu digarisbawahi, siapa pun dapat menggunakan versi Mickey dan Minnie tersebut tanpa izin atau biaya.


Meski sudah kehilangan hak cipta tersebut, Disney memperingatkan bahwa versi Mickey dan Minnie Mouse yang lebih modern masih dilindungi hak cipta.


"Kami tentu saja akan terus melindungi hak-hak kami dalam versi lebih modern dari Mickey Mouse dan karya-karya lain yang tetap memiliki hak cipta," kata Walt Disney dalam pernyataannya.


Baca juga: Garuda Indonesia Tetapkan Biaya Tambahan untuk Kursi Tertentu Mulai 26 Oktober 2024

Masyarakat umum dapat menggunakan tokoh Mickey Mouse dengan desain dari animasi Steamboat Willie secara bebas. Perubahan ini disebabkan oleh undang-undang AS yang memperbolehkan hak cipta dibuat sebelum 1 Januari 1978 dipegang  selama 95 tahun sejak peluncuran awal Steamboat Willie. 


Namun, Disney mengklarifikasi bahwa versi Mickey yang lebih modern tidak akan terpengaruh oleh berakhirnya hak cipta Steamboat Willie, dan Mickey akan terus memainkan peran utama sebagai duta global untuk Perusahaan Walt Disney dalam penceritaan kami, atraksi taman hiburan, dan barang dagangan.


Versi awal Mickey dan Minnie hanyalah beberapa karakter yang memasuki domain publik di AS pada tahun baru ini. Sederet film, buku, musik, dan karakter terkenal lainnya dari tahun 1928 kini juga tersedia untuk publik Amerika.


Film-film tersebut antara lain komedi romantis bisu karya Charlie Chaplin, 'The Circus,' buku penulis Inggris AA Milne 'The House at Pooh Corner' yang memperkenalkan karakter Tigger, 'Orlando' dari Virginia Woolf, dan Kekasih Lady Chatterley dari DH Lawrence. (Istimewa/FIN)

Simak Video 'DÉABDIL on the Mic #12(Live Perform #INSTRUMENTS #Season3)':

Komentar

...
News
Garuda Indonesia Tetapkan Biaya Tambahan untuk Kursi Tertentu Mulai 26 Oktober 2024
Garuda Indonesia akan menerapkan kebijakan baru terkait pemilihan kursi pada penerbangan domestik yang berlaku mulai 26 Oktober 2024. Penumpang kelas ekonomi kini ak...

25/10/2024, 13:44 WIB

...
Sport
Ranking FIFA Terbaru: Indonesia Turun Satu Posisi
Posisi ranking Indonesia di FIFA mengalami penurunan setelah hasil imbang saat melawan Bahrain dan kalah dari China pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dari hasil pan...

25/10/2024, 13:42 WIB

...
News
Pulang ke Solo, Jokowi Diundang Rapat RT dan Arisan Bapak-Bapak
Warga Solo menyambut hangat kepulangan mantan presiden ke-7 RI, Joko Widodo. Jokowi pulang ke Solo setelah purna tugas pada Minggu, 20 Oktober 2024. Rumah pribadi Jo...

25/10/2024, 13:36 WIB

...
News
Program Makan Gratis Prabowo akan Dimulai 2 Januari 2025
Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana memastikan program unggulan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka, yakni Makan Bergizi Gratis (MBG)...

25/10/2024, 11:27 WIB

...
News
Bus Pariwisata Angkut 58 Anak TK Terbakar di Tol Jatinegara
Bus pariwisata yang mengangkut puluhan anak TK ludes terbakar di KM 03 Tol Wiyoto Wiyono, Jatinegara, Jakarta Timur. Kebakaran diduga akibat korsleting pada bagian A...

25/10/2024, 11:24 WIB