Lifestyle

Senin, 06 Mei 2024 07:13 WIB

Kalahkan 53 Negara, Mikael Jasin Raih Juara Dunia Barista 2024

IN Today Media

Mikael Jasin. (Foto: Istimewa)

Wakil Indonesia Mikael Jasin menjadi juara dunia dalam kompetisi World Barista Championship 2024 yang berlangsung di Busan, Korea Selatan. Kesuksesan ini didapatkan setelah Mikael mengalahkan 53 barista lainnya dari berbagai negara.

 

Pada babak final, Mikael Jasin yang akrab disapa Miki itu harus berhadapan dengan lima barista asal Australia, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Belanda. Miki berhasil mendapat nilai tertinggi dan keluar sebagai 2024 World Barista Championship.

 

Hal ini diumumkan langsung dalam unggahan akun Instagram @worldcoffeechampionship. “Selamat untuk Juara Dunia Barista 2024: Mikael Jasin yang mewakili Indonesia!,” bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.

 

Dalam ajang tersebut, dikutip Sprudge Coffee, Mikael Jasin sempat gagal dari penampilan terakhirnya di World Barista Championship 2022. Namun, kini ia kembali dengan penampilan luar biasa di depan para juri.

 

Baca juga: Niat Cari Uang, Martha Hamil Anak ke-20 dari Ayah Berbeda

Mikael Jasin kali ini bersaing membawa dua kopi berbeda, yakni varietas lokal Ethiopia yang dikenal sebagai Aji, yang diinokulasi ragi dan disetrum secara termal dan ditanam di Finca El Diviso di Huila, Kolombia, serta Gesha yang diproduksi di Finca Deborah di Volcan, Panama.

 

Untuk minuman khasnya, Aji espresso, campuran susu murni jus lemon, infus aromatik palo santo, sirup vanilla palo santo, dan biji kakao Indonesia digabungkan dan disajikan pada suhu 50 derajat celcius untuk menciptakan rasa baru melon, semangka, dan sage, dengan tekstur halus dengan sentuhan akhir kue black forest yang bertahan lama.

 

Untuk hidangan terakhir, espresso, Jasin menggantinya ke Finca Deborah Gesha, yang dibuatnya dengan rasio minuman 2,5:1 yang lebih panjang, memberikan aroma minuman melati, bunga jeruk, jeruk, dan madu, dengan aroma emas sutra yang tersisa hasil akhir kismis.

 

Kesuksesan Mikael Jasin mempertegas barista Indonesia memiliki kemampuan yang sangat baik dalam meramu kopi. Mengingat dibutuhkan ketelitian dalam menyajikan secangkir kopi, mulai dari memilih biji terbaik, menyangrai, hingga proses penyeduhannya.

 

World Barista Championship 2024 sendiri mempertemukan para barista papan atas dari seluruh dunia. Specialty Coffee Association (SCA) bekerja sama dengan tuan rumah Busan Metropolitan City dan penyelenggara EXPORUM, dengan dukungan dari Portrait Country, Indonesia, untuk meluncurkan World of Coffee di Busan pada tahun 2024, yang menandai sebuah tonggak penting bagi komunitas kopi Asia.

 

Ajang ini kembali ke Korea setelah diadakan tujuh tahun yang lalu di Cafe Show Seoul. Para peserta telah menunjukkan keahlian mereka dalam mengkreasikan minuman berbasis espresso yang inovatif dalam sajian espresso, susu, dan minuman khas. Berbagai pendekatan dan alat mutakhir yang digunakan di atas panggung memiliki dampak yang luas dan bertahan lama terhadap industri ini. (IST/SOF)

Simak Video 'Tak Hanya Tempat Transaksi, Post Santa Bisa Menjadi Ruang Interaksi #POV':

Komentar

...
News
KAI Wisata Hadirkan e-Porter Lewat Aplikasi Access by KAI
PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) meluncurkan layanan e-Porter melalui aplikasi Access by KAI untuk memudahkan penumpang kereta api dalam membawa barang. Layanan...

25/10/2024, 21:44 WIB

...
Entertainment
Tom Holland Bocorkan Spider-Man 4, Syuting Dijadwalkan Mulai 2025
Kabar gembira datang bagi para penggemar Spider-Man! Tom Holland, aktor yang memerankan Peter Parker dalam Marvel Cinematic Universe (MCU), mengungkapkan beberapa de...

25/10/2024, 21:42 WIB

...
News
Garuda Indonesia Tetapkan Biaya Tambahan untuk Kursi Tertentu Mulai 26 Oktober 2024
Garuda Indonesia akan menerapkan kebijakan baru terkait pemilihan kursi pada penerbangan domestik yang berlaku mulai 26 Oktober 2024. Penumpang kelas ekonomi kini ak...

25/10/2024, 13:44 WIB

...
Sport
Ranking FIFA Terbaru: Indonesia Turun Satu Posisi
Posisi ranking Indonesia di FIFA mengalami penurunan setelah hasil imbang saat melawan Bahrain dan kalah dari China pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dari hasil pan...

25/10/2024, 13:42 WIB

...
News
Pulang ke Solo, Jokowi Diundang Rapat RT dan Arisan Bapak-Bapak
Warga Solo menyambut hangat kepulangan mantan presiden ke-7 RI, Joko Widodo. Jokowi pulang ke Solo setelah purna tugas pada Minggu, 20 Oktober 2024. Rumah pribadi Jo...

25/10/2024, 13:36 WIB