Sport

Selasa, 16 April 2024 15:57 WIB

PSSI Resmi Ajukan Protes ke AFC Buntut Kontroversi Wasit Saat Lawan Qatar

IN Today Media

Timnas U-23 Indonesia. (Foto: PSSI)

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan bila pihakya sudah melayangkan protes terkait kontroversi keputusan wasit di laga timnas U-23 Indonesia lawan Qatar, Senin (15/4/2024). Erick Thohir mengonfirmasi bila PSSI sudah melayangkan surat protes resmi ke AFC terkait kontroversi keputusan wasit di laga timnas U-23 Indonesia Vs Qatar yang dinilai menguntungkan tuan rumah.

 

“Sebagai federasi dan sesuai regulasi, kami akan melayangkan surat protes kepada AFC, untuk beberapa keputusan dalam pertandingan ini. Kami semua selalu mendukung kalian. Ini bukan akhir, fokus untuk memberikan yang terbaik di dua pertandingan fase grup berikutnya,” kata Erick di unggahan Instagram-nya.

 

Salah satu keputusan yang diprotes adalah kartu merah Ivar Jenner yang sama sekali tak melakukan kontak fisik dengan pemain Qatar. “Ini bukan akhir, kita PSSI akan layangkan surat protes. Kartu merah Ivar, mestinya nggak kartu merah. Kita protes!” kata Erick.

 

Meski demikian Erick mengingatkan pemain timnas U-23 Indonesia untuk tidak kehilangan fokus. Karena Garuda Muda masih punya 2 pertandingan untuk bisa lolos dari grup A. Menteri BUMN itu juga meminta para pemain percaya bila seluruh rakyat Indonesia tahu kecurangan yang dilakukan Qatar.

 

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Debut Jadi Produser di Film Terbaru, ‘Perayaan Mati Rasa’

Seperti diketahui, duel  Indonesia vs Qatar dalam matchday pertama babak penyisihan Grup A Piala Asia U-23 Tahun 2024 itu berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan tuan rumah. Dalam laga tersebut, kepemimpinan wasit Nasrullo Kabirnov menjadi sorotan. Ia dianggap banyak melakukan keputusan-keputusan kontroversial.

 

Keputusan dari Nasrullo Kabirnov yang cukup dipertanyakan yakni saat Qatar mendapatkan penalti setelah Rizky Ridho dianggap melanggar Mahdi Salem. Saat itu, Nasrullo Kabirnov memberikan foul untuk Indonesia karena menilai Salem menahan badannya agar membuat Rizky Ridho terjatuh.

 

Selanjutnya, Kabirnov mengubah keputusannya dan memberikan penalti untuk Qatar seusai melihat tayangan ulang melalui Video Assistant Referee (VAR). Tak sampai di situ, Kabirnov pun memberikan kartu kuning kepada Rizky Ridho. Ia mungkin menilai, bek Persija Jakarta tersebut sengaja menggerakkan tangannya kepada Salem.

 

Sikap Nasrullo Kabirnov yang paling menjadi sorotan adalah saat memberikan kartu kuning kedua alias kartu merah kepada gelandang Timnas U-23 Indonesia, Ivar Jenner. Kartu kuning pertama dikeluarkan wasit asal Tajikistan itu untuk Ivar Jenner saat laga baru berjalan 14 menit.

 

Setelah itu, Ivar Jenner kembali menerima kartu kuning kedua alias kartu merah pada babak kedua, tepatnya menit ke-46. Kartu kuning kedua yang didapatkan Ivar Jenner terasa kontroversial bagi publik sepak bola Indonesia. Ketika itu, Ivar Jenner sedang mencoba untuk merebut bola. Namun, bek Qatar, Saif Hassan, berada di depan Ivar.

 

Dalam tayangan ulang di media sosial, Ivar Jenner tampak melompat guna menghindari kontak dengan Saif Hassan. Kendati demikian, wasit Nasrullo Kabirov memutuskan untuk memberikan kartu kuning kedua kepada Ivar. Alhasil, gelandang keturunan Indonesia-Belanda itu tidak bisa melanjutkan pertandingan melawan Qatar. (DARI BERBAGAI SUMBER/SOF)

Simak Video 'Siapa yang Paling Romantis di Valentine's Day, Satine Zaneta Atau Sivia Ya? #INstrumentsBasBisBus':

Komentar

...
News
Presiden Jokowi Tandatangani UU DKJ, Persiapan Pemindahan Ibu Kota Negara
Presiden Joko Widodo telah menandatangani Undang-undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ), yang merumuskan persiapan untuk pemindaha...

29/04/2024, 17:13 WIB

...
News
Harga Ketinggian, Rubicon Mario Dandy Hingga Kini Tak Laku Dilelang
Jeep Wrangler Rubicon, barang bukti kasus penganiayaan yang melibatkan Mario Dandy Barang tak laku saat dilelang negara pekan lalu. Harga limit pembukaan Rp809 juta...

29/04/2024, 17:07 WIB

...
Entertainment
Pecah! Drama Korea ‘Queen of Tears’ Cetak Rekor Rating Tertinggi tvN
Drama Korea Queen of Tears episode 16  yang juga jadi episode terakhir, mencetak sejarah baru TVN. Queen of Tears episode 16, akhirnya menggeser tahta Crash Lan...

29/04/2024, 17:06 WIB

...
Sport
Pengusaha Beri Bonus Rp23 Miliar Untuk Timnas Indonesia U-23
Timnas Indonesia U-23 mendapatkan bonus senilai Rp23 miliar dari 23 pengusaha yang diinisiasi oleh KADIN Indonesia Komite Tiongkok (KIKT). Maruarar Sirait selaku pem...

29/04/2024, 12:40 WIB

...
News
Miris! Anak Tega Aniaya Ibu Kandung Karena Tidak Dibelikan Motor
Seorang pemuda berusia 25 tahun dengan inisial ER telah ditangkap karena menyerang ibunya sendiri yang berusia 49 tahun di Kampung Paya Tumpi Induk, Kecamatan Kebaya...

29/04/2024, 12:35 WIB