News

Kamis, 04 Juli 2024 12:53 WIB

Deretan Fakta Kasus Asusila Ketua KPU Hasyim Asy’ari

IN Today Media

Hasyim Asyari (Foto: Istimewa).

Kabar mengejutkan datang dari ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Hasyim Asy'ari yang terseret kasus asusila terhadap anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda berinisial CAT. Hasyim diadukan atas tindakan asusila yang terjadi antara Agustus 2023 hingga Maret 2024.


Artis Desta dan Vincent Ikut Terlibat

Dalam sidang pertama pada 22 Mei 2024, artis Deddy Mahendra alias Desta dipanggil DKPP sebagai saksi. Adapun Desta adalah tindak lanjut dari adanya video salam ucapan untuk anggota PPLN untuk merayu yang dilakukan Hasyim Asy'ari saat jeda acara talkshow di NET TV pada Selasa, 24 Oktober 2023.


Hasyim Memaksa Ingin Berhubungan Badan

Anggota Majelis Sidang DKPP Ratna Dewi Pettalolo menjelaskan, pengadu (anggota PPLN Den Haag) dihubungi Hasyim untuk datang ke kamar hotelnya. CAT kemudian datang ke kamar hotel Hasyim dan berbincang di ruang tamu kamar, Hasyim merayu dan membujuk untuk melakukan hubungan badan.


Baca juga: Bos Apple Temui Jokowi di Istana, Bahas Investasi Rp1,6 Triliun

Hasyim Janji Nikahi Korban

Hasyim terus mendekati CAT hingga puncaknya pada Januari 2024 teradu membuat surat pernyataan dengan materai yang ditulis tangan berisikan bahwa Hasyim berkomitmen untuk nikahi korban. 


Hasyim Janjikan Berikan Apartemen

Hasyim disebut akan mengurus satu buah apartemen Puri Imperium Unit 1215 untuk di balik nama menjadi milik anggota PPLN  Den Haag tersebut. Hasyim juga menjamin proses balik nama apartemen selesai pada bulan Mei 2024. Hingga korban harus memberikan akses masuk ke apartemen tersebut kepada Hasyim.


Hal itu terungkap dalam fakta persidangan yang dibacakan Anggota DKPP Ratna Dewi Pettalolo saat sidang putusan pelanggaran kode etik Hasyim, Rabu (3/7/2024). 


“Pengadu selalu menagih kepastian janji Teradu (Hasyim) untuk menikahi Pengadu pasca kejadian pada tanggal 3 Oktober 2023,” ujar Ratna di ruang sidang. 


Namun, lanjut Ratna, Hasyim mengakui tidak bisa menyanggupi ataupun memberi kepastian. Alhasil korban meminta Hasyim membuat surat pernyataan yang berisi sejumlah poin perjanjian. Salah satu poinnya adalah Hasyim berjanji membiayai keperluan korban di Jakarta dan Belanda sebesar Rp30.000.000 per bulan.


Jokowi Segera Terbitkan Keppres Pemberhentian Hasyim

Setelah resmi diberhentikan oleh DKPP, Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberhentian Hasyim Asy'ari sebagai Ketua KPU. Menanggapi putusan itu, Hasyim Asy'ari mengaku bersyukur karena disanksi pemberhentian oleh DKPP atas pelanggaran etik terkait tindakan asusila. 


“Sebagaimana diketahui substansi putusan tersebut teman-teman sudah mengikuti semua. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan saya mengucapkan alhamdulillah,” ujar Hasyim di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu sore. 


Hasyim kemudian menyampaikan terima kasih atas putusan sanksi yang dijatuhkan oleh DKPP karena membuatnya terbebas dari beban berat sebagai anggota KPU. (Istimewa/FIN)

Simak Video 'A Fearless Rachel Rae, Dari Nyanyi Lagu Sendiri Sampe Cover Lagu Beyonce | INSTRUMENTS #Season2 #9':

Komentar

...
News
Aktor Bollywood Rama Mehra Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta!
Rama Mehra (56), aktor dan produser film Bollywood asal India ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta atas tuduhan penyelundupan dua burung cendrawasih (Papua) Cendrawas...

05/07/2024, 13:55 WIB

...
News
BKKBN Targetkan 1 Pasutri Punya 1 Anak Perempuan
Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo meminta setiap pasangan suami istri (pasutri) di Indonesia memiliki 1 anak perempuan. Menurut Hasto, hal itu harus dilakukan lantaran a...

05/07/2024, 13:52 WIB

...
Entertainment
Asmara Nine Naphat dan Baifern Pimchanok Kandas Setelah Dua Tahun Pacaran
Hubungan pasangan aktor populer Thailand, Nine Naphat dan Baifern Pimchanok, berakhir setelah berpacaran selama kurang lebih dua tahun. Dalam konferensi pers pada Ka...

05/07/2024, 12:50 WIB

...
Entertainment
John Legend Akan Konser di Sentul, 6 Oktober 2024
John Legend akan menggelar konser tunggal di Indonesia pada 6 Oktober 2024. Konser bertajuk ‘An Evening With John Legend: A Night of Songs And Stor...

05/07/2024, 12:44 WIB

...
News
Kapolda Sumbar Ungkap Foto Afif Maulana Berpose Sambil Pegang Pedang
Afif Maulana ditemukan tewas di bawah Jembatan Kuranji, Padang. LBH Padang menduga, remaja 13 tahun itu meninggal akibat disiksa polisi. Namun, Polda Sumbar membanta...

05/07/2024, 12:36 WIB