Lifestyle

Senin, 01 Juli 2024 11:40 WIB

Haru! Kisah Pegawai Pajak yang ‘Resign’ dan Bekerja Jadi Tukang Gosok WC di Australia

IN Today Media

MD Husain (Foto: Istimewa).

Seorang eks pegawai negeri sipil (PNS) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) asal Jakarta, MD Husain (40) yang kerap disapa warganet sebagai Bang Madhink membagikan kisah uniknya yang resign setelah 20 tahun bekerja. Husein mengatakan bahwa dirinya merupakan orang Indonesia pertama yang mengundurkan diri dari PNS demi menjadi tukang gosok WC.


Husain bersama dengan istri dan tiga anaknya pindah ke Australia karena sang istri sedang melanjutkan kuliah untuk jenjang pendidikan Strata 3 (S3) di University of Sydney, Australia. Husain mengawali karier sebagai PNS di DJP tahun 2002 dan mulai menemani istri untuk kuliah di Australia pada 2022. Istrinya memilih untuk melanjutkan studi di University of Sydney karena di sana terdapat studi dan topik penelitian yang diinginkan.


Selain itu, Australia merupakan negara yang mengizinkan membawa pasangan untuk menemani selama kuliah. Pasangan yang ikut menemani juga diperbolehkan untuk bekerja secara full time, dan apabila sudah memiliki anak, maka sekolahnya akan ditanggung negara alias gratis. 


“Kemudian kita memilih Sydney karena kotanya cukup besar dan masih banyak membutuhkan tenaga kerja,” cerita Husain kepada Kompas.com, Selasa (25/6/2024).


Baca juga: Kings of Convenience Jadi Bintang Tamu Joyland Festival Bali 2024

Ia dan ketiga anaknya menggunakan dependent student visa karena mengikuti visa belajar (student visa) milik istrinya. Saat awal tinggal di Australia, ia dan keluarga harus menyesuaikan berbagai hal, seperti meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan mengatur keuangan.


“Saya sempat tiga minggu nganggur di sini. Saya pokoknya apa yang ada di internet, di aplikasi cari kerja saya apply (masukkan) semua. Yang dibutuhkan sertifikasinya apa ya saya ikuti,” tuturnya.


Untuk mendapatkan pekerjaan di Australia, seseorang harus memiliki beberapa sertifikasi kemampuan khusus yang sesuai dengan bidangnya. Husain menuturkan, tidak ada batasan usia untuk menjadi pekerja di Australia selagi orang tersebut mampu untuk melakukan pekerjaan. Ia sering menjumpai lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun yang masih giat bekerja karena belum pensiun. Di Australia, umumnya seseorang akan pensiun ketika sudah berumur 67 atau 68 tahun. 


“Yang ada di sini tes fisik. Misalnya pekerjaan untuk buruh di pabrik yang angkat-angkat barang, kamu akan di tes fisik oleh perusahaan. Misalnya bisa angkat berapa kilogram, tangannya ke atas, ke tengah, ke samping untuk memastikan tidak ada cedera,” katanya.


Pekerjaan pertama yang ia dapatkan yaitu menjadi pegawai salah satu supermarket ternama di Australia, Woolworths. Sebagai pegawai Woolworths, setiap harinya Husain akan menyusun sayuran, buah-buahan, dan memanggang beberapa jenis daging. Karena ingin mendapatkan penghasilan yang lebih, ia melamar pekerjaan sebagai petugas kebersihan di salah satu sekolah dasar (SD) di Australia.


“Akhirnya saya diterimalah menjadi cleaning service. Cleaning service ya semua, bersihin kamar, bersihin toilet, buangin sampah, bersihin kelas dan library. Kerjanya sebelum anak-anak masuk dan setelah anak-anak pulang,” ucapnya.


Sebagai petugas kebersihan, ia bekerja selama empat jam sehari dan mendapatkan gaji 30 dollar Australia atau Rp 326.000 per jam. Namun seperti sewajarnya tempat umum, terkadang Husain harus membersihkan sisa-sisa kotoran yang ada di kamar mandi.


Ia juga membersihkan karpet di kelas dan membuang sampah setelah anak-anak selesai jam sekolah. Husain menjalani kehidupan sebagai seorang petugas kebersihan di SD selama enam bulan, mulai Juli 2023 hingga Desember 2023. Ketika masih menjadi petugas kebersihan, ia mendapatkan informasi bahwa menjadi seorang operator forklift gajinya cukup tinggi karena membutuhkan keahlian khusus.


Husein menyampaikan, pekerjaan di bidang jasa merupakan pekerjaan yang mendapatkan nilai gaji tinggi di Australia. Setelah dua minggu pindah ke Australia, kebetulan kunci rumahnya rusak dan harus memanggil tukang kunci ke rumah. Ketika sudah selesai, ia harus membayar sekitar 500 dollar Australia atau Rp 5 juta hanya untuk membetulkan kunci rumah.


Tak hanya tukang kunci, ia mengatakan bahwa pekerjaan supir taksi merupakan pekerjaan yang dibayar mahal. Seorang supir taksi di Australia bisa mendapatkan bayaran 40-50 dollar Australia atau Rp435.800-Rp 544.784 per jam. 


Tarif tersebut belum termasuk apabila sopir menarik penumpang di malam hari, weekend, atau hari libur nasional yang harganya bisa berkali-kali lipat. Hal ini menegaskan bahwa di Australia memiliki gaji yang tinggi karena membutuhkan keahlian khusus di bidangnya. (VIN/FIN)

Simak Video 'Potret Kepedulian Pada Kaum Marjinal Lewat Sekolah Alternatif #POV':

Komentar

...
Entertainment
Katy Perry Bakal Rilis Album "143" pada 20 September!
Katy Perry bakal merilis album terbarunya berjudul "143" pada 20 September! "143" terkenal dengan kode yang bermakna "aku cinta kamu" yang kerap dipakai ketika mengi...

12/07/2024, 15:22 WIB

...
Entertainment
Meiska Adinda Ajak Pendengar Cintai Diri Sendiri Lewat Album Perdananya ‘Hanya Figuran’
Meiska Adinda merilis album perdana yang berjudul ‘Hanya Figuran’ pada hari ini, Jumat, 12 Juli 2024. Album tersebut berisi sepul...

12/07/2024, 15:18 WIB

...
Lifestyle
Robot di Korea Selatan Bunuh Diri Akibat Beban Kerja Berlebihan
Sebuah robot di Korea Selatan “bunuh diri” akibat beban kerja yang berlebihan. Robot ini, dikembangkan Bear Robotics dan bekerja...

12/07/2024, 13:19 WIB

...
Entertainment
Film Terakhir ‘The Conjuring’ Tayang 5 September 2024
Film terakhir The Conjuring dijadwalkan tayang 5 September 2025. Jadwal itu dikonfirmasi Warner Bros. selaku studio yang menaungi film horor tersebut. film keempat T...

12/07/2024, 13:14 WIB

...
Entertainment
Ellen DeGeneres Akan Tinggalkan Hollywood Usai Berbagai Kontroversi
Setelah berbagai kontroversi di The Ellen DeGeneres Show, Ellen DeGeneres mengumumkan akan meninggalkan Hollywood setelah program spesial di Netflix. Diberitakan New...

12/07/2024, 13:10 WIB