News

Jumat, 22 September 2023 13:38 WIB

Menkominfo Minta TikTok Ajarkan UMKM Tanah Abang Jualan Online

IN Today Media

Pedagang Pasar Tanah Abang Minta Tutup TikTok Shop (Foto: Kompas.com).

Keberadaan fitur TikTok Shop pada platform TikTok yang dianggap menurunkan omzet pedagang dan pelaku UMKM salah satunya Pasar Tanah Abang. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan kemajuan teknologi tak bisa dihalangi. Untuk itu ia meminta TikTok mengadakan pelatihan bagi para pedagang UMKM.


"Justru kemarin saya panggil TikTok dua hari lalu, TikTok Shop bilang sudah dapat izin e-commerce per Juli 2023 dari Departemen Perdagangan. Saya suruh latih teman-teman pedagang UMKM untuk berjualan lewat platform medsos. Kalau pedagang Tanah Abang mengeluh, nanti kita latih bisa berjualan dua metode offline dan online," ungkap Budi Arie Setiadi.


Budi membeberkan bahwa izin yang dikantongi TikTok sudah lengkap berdasarkan aturan yang berlaku, baik dari izin sebagai media sosial maupun izin penyelenggara perdagangan. Dia pun memaklumi soal maraknya platform sosial media yang secara bersamaan melakukan bisnis e-commerce.


Menurunnya, penggabungan dua model bisnis dalam satu platform menjadi hal yang wajar seiring perkembangan teknologi. Oleh karena itu, menurutnya tidak perlu adanya pemisahan aplikasi antara sosial media TikTok dengan TikTok Shop.


"Sekarang prakteknya sudah semuanya blending [bercampur], mana bisa bedakan. Itu kan banyak platform social media juga jadi e-commerce segala macam enggak ada masalah lah," katanya.


Sebelumnya, pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta, meminta pemerintah menutup Tiktok Shop. Platform social commerce itu dinilai sangat merugikan pedagang, karena harga yang dijual di sana terlalu murah. Anton mencontohkan, ada baju gamis yang dijual seharga Rp39 ribu di TikTok Shop, padahal ia menjual dengan harga Rp 100 ribu. 


Anton mengaku bingung, mengapa harga di platform tersebut bisa lebih murah. Padahal menurut perhitungannya, jika melakukan produksi secara mandiri pun, masih tidak bisa mendapat untung jika dijual seharga Rp 39 ribu.


"Kalau kita pikir, kita beli bahan dan bikin sendiri saja, nggak masuk harganya. Nggak masuk di akal," kata Anton. (Istimewa/FIN)

Simak Video 'Tiga Pentolan Semesta Records Rumpi Soal Label Rekamannya, Betah Nggak Sih? #INstrumentsBasBisBus':

Komentar

...
Entertainment
Katy Perry Bakal Rilis Album "143" pada 20 September!
Katy Perry bakal merilis album terbarunya berjudul "143" pada 20 September! "143" terkenal dengan kode yang bermakna "aku cinta kamu" yang kerap dipakai ketika mengi...

12/07/2024, 15:22 WIB

...
Entertainment
Meiska Adinda Ajak Pendengar Cintai Diri Sendiri Lewat Album Perdananya ‘Hanya Figuran’
Meiska Adinda merilis album perdana yang berjudul ‘Hanya Figuran’ pada hari ini, Jumat, 12 Juli 2024. Album tersebut berisi sepul...

12/07/2024, 15:18 WIB

...
Lifestyle
Robot di Korea Selatan Bunuh Diri Akibat Beban Kerja Berlebihan
Sebuah robot di Korea Selatan “bunuh diri” akibat beban kerja yang berlebihan. Robot ini, dikembangkan Bear Robotics dan bekerja...

12/07/2024, 13:19 WIB

...
Entertainment
Film Terakhir ‘The Conjuring’ Tayang 5 September 2024
Film terakhir The Conjuring dijadwalkan tayang 5 September 2025. Jadwal itu dikonfirmasi Warner Bros. selaku studio yang menaungi film horor tersebut. film keempat T...

12/07/2024, 13:14 WIB

...
Entertainment
Ellen DeGeneres Akan Tinggalkan Hollywood Usai Berbagai Kontroversi
Setelah berbagai kontroversi di The Ellen DeGeneres Show, Ellen DeGeneres mengumumkan akan meninggalkan Hollywood setelah program spesial di Netflix. Diberitakan New...

12/07/2024, 13:10 WIB