Sport

Sabtu, 18 Maret 2023 19:45 WIB

Council Meeting FIFA Hasilkan Banyak Putusan Penting

IN Today Media

Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum Ratu Tisha, dan anggota Exco Vivin Sungkono menghadiri FIFA Council Meeting. (Foto: PSSI)

Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) menggelar FIFA Council Meeting yang digelar di Kigali, Rwanda dalam rangkaian Kongres FIFA ke-73. Beberapa keputusan penting pun diputuskan utamanya terkait kelanjutan kompetisi, baik untuk kompetisi pria dan wanita, termasuk penetapan kalendar internasional.

 

Council Meeting dihadiri oleh 37 anggota FIFA termasuk Presiden Gianni Infantino. Sedangkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum Ratu Tisha, dan anggota Exco Vivin Sungkono akan hadir ketika Kongres FIFA berlangsung.

 

Hasil rapat memutuskan beberapa keputusan penting Misalnya terkait kalendar internasional kompetisi pria untuk periode 2025-2030, kalendar internasional kompetisi wanita untuk periode 2024-2024.

 

 

Presiden FIFA Gianni Infantino memimpin FIFA Council Meeting. (Foto: PSSI)

 

Kemudian juga ada format kompetisi Piala Dunia 2026, alokasi partisipan pada Piala Dunia antarklub 2025, regulasi bidding penyelenggaraan tuan rumah Piala Dunia Wanita 2027, amandemen terkait regulasi FIFA menyangkut status dan transfer pemain, dan beberapa keputusan lain terkait penyelenggaraan kompetisi sepakbola pantai

 

Keputusan terkait kalendar kompetisi untuk 2025-2030 mencakup beberapa putusan seperti total sembilan hari untuk dua pertandingan di bulan Maret, Juni dan November untuk tim nasional.

 

Diikuti total enam belas hari untuk empat pertandingan di akhir September atau awal Oktober di mana sistem ini akan diperkenalkan pada tahun 2026, yakni terdapat total sembilan hari dalam dua periode untuk melaksanakan dua pertandingan. Adapun penyesuaian ini dilakukan sama persis pada tahun 2010, 2014 dan 2018, dengan menyesuaikan waktu istirahat, dan waktu efektif kompetisi.

 

Sementara itu, untuk kalendar kompetisi wanita 2024-2025, terdapat total enam kali pertandingan selama setahun, termasuk beberapa pertandingan kualifikasi yang akan dijalani konfederasi seperti kualifikasi Olimpiade serta pertandingan persahabatan internasional. FIFA Council juga memutuskan amandemen yang diajukan terkait format kompetisi Piala Dunia 2026, di mana perubahan tersebut menyangkut tim yang lolos ke babak 32 besar.

 

Jika sebelumnya tiga tim terbaik dari 16 grup yang melaju ke babak 32 besar, maka format baru menyetujui perubahan menjadi 12 grup dengan 2 tim terbaik diikuti delapan tim ketiga terbaik yang berhak lolos. Hal ini sekaligus memastikan bahwa setiap tim akan bermain minimal 3 pertandingan dengan waktu istirahat yang seimbang

 

Terkait statuta FIFA, FIFA Council juga turut memutuskan untuk membentuk tim di semua konfederasi untuk meninjau kembali statuta fifa yang kemudian bisa disampaikan pada kongres FIFA tahun depan. Peninjauan kembali yang dilakukan termasuk memperluas cakupan FIFA seperti mandat yang ada yakni memasukkan kategori sepakbola elektronik (eFootball) sebagai salah satu tujuan keseluruhan.

 

Hal yang tak kalah penting menyangkut amandemen yang disetujui oleh FIFA Council yakni regulasi FIFA menyangkut Status dan Transfer Pemain (RSTP) dengan poin penting menambah proteksi terhadap pesepakbola yang tidak mempunyai pekerjaan, sebagai bagian dari proses reformasi transfer.

 

FIFA Council juga setuju untuk memberikan mandat kepada bagian administrasi FIFA untuk membuat aturan yang memproteksi pemain sepakbola wanita yang sejalan dengan RSTP, khususnya terkait hal-hal seperti adopsi, aborsi, kesehatan reproduksi, dan kesehatan anak.

 

Hal-hal lain yang diputuskan juga terkait dengan operasional dari skema program FIFA Talent Development, di mana FIFA akan memberikan investasi sebesar 200 juta dollar Amerika Serikat dari rentang tahun 2023-2026 serta persetujuan terkait publikasi laporan dari penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2023.

 

Selain itu juga konfirmasi terkait penyelenggaraan Piala Dunia Sepakbola Pantai FIFA yang akan digelar di Uni Emirat Arab pada 16-26 November 2023 dan Piala Dunia Sepakbola Pantai FIFA di Seychelles, di mana setiap kuota antara lain AFC 3 negara, CONCACAF 2 negara, CONMEBOL 3 negara, OFC 1 negara, UEFA 4 negara dan 1 untuk jatah tuan rumah. (PSSI/SOF)

Simak Video 'Marhaban Ya Ramadan, Semangat Menjalankan Ibadah Puasa IN People!':

Komentar

...
Lifestyle
Yuk Ikutan! Salurkan Ide Bisnis Kreatifmu dalam IDEAS Batch 10 dan Menangkan Hadiah Rp25 Juta
Indonesia Studentpreneur, atau biasa disebut dengan IDEAS, merupakan sebuah kompetisi business plan nasional yang diadakan oleh The Management's Events, program kerj...

08/04/2024, 13:32 WIB

...
Entertainment
Jangan Kelewatan! Rekomendasi Film Bioskop Tayang Lebaran 2024
Memasuki April 2024, sejumlah film layar lebar dijadwalkan akan tayang di seluruh bioskop Indonesia. Deretan film bioskop tersebut mengusung berbagai tema cerita yan...

06/04/2024, 09:37 WIB

...
Lifestyle
Tradisi Lebaran di Berbagai Daerah Indonesia yang Unik!
Indonesia memiliki keberagaman budaya dan suku bangsa yang tersebar di berbagai wilayah. Oleh karena itu, Indonesia memiliki banyak tradisi unik, salah satunya adala...

06/04/2024, 09:25 WIB

...
Sport
Daftar 9 Wakil Indonesia Lolos Olimpiade 2024
Indonesia sudah berhasil mengirimkan sembilan wakil lolos ke Olimpiade Paris 2024 hingga Kamis, 4 April 2024. Atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah mena...

05/04/2024, 14:34 WIB

...
News
Viral Pria Bermobil Kepergok Curi Bra di Perumahan Elite Bintaro
Viral video di media sosial, seorang pria ketahuan mencuri pakaian dalam wanita di perumahan elit di Bintaro, Tangerang Selatan. Si pencuri yang berinisial S, diketa...

05/04/2024, 14:02 WIB