Travel

Minggu, 27 September 2020 20:20 WIB

Menikmati Panorama Alam Ala Desa Wisata Cibuntu

IN Today Media

Lokasinya sekitar 28 kilometer dari Alun-Alun Kuningan atau memakan jarak tempuh selama satu jam menggunakan mobil.

 

Suasana pedesaan kian terasa saat menginjakkan kaki ke Desa Wisata Cibuntu Kampung Domba, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bagaimana tidak, nuansa alam yang berdekatan langsung dengan Gunung Ciremai dan rumput hijau yang terbentang semakin membuat IN People betah nih di sini.

Desa wisata yang launching pada 2012 ini, terletak di Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. IN People hanya perlu membayar Rp5000 untuk memasuki desa wisata ini. Lokasinya sekitar 28 kilometer dari Alun-Alun Kuningan atau memakan jarak tempuh selama satu jam menggunakan mobil.

Menariknya, desa ini memiliki banyak domba melebihi masyarakat yang ada. Mayoritas warga memiliki domba dan memiliki kandang masing-masing. Dari kejauhan, kandang domba itu terlihat seperti kumpulan rumah tradisional, namun saat melihat dari dekat, ternyata kandang domba. 

Humas Pemasaran Desa Wisata Cibuntu, Syukur Mulyana, mengungkapkan konsep wisata di sini bersifat edukasi, sehingga para wisatawan diajak ke Kampung Domba untuk memberikan pakan ternak, memandikan, dan mencukur rambut mamalia satu ini. Selain itu, domba di sini diperjualbelikan saat Idul Adha dan menjadi langganan pesantren setempat. 

Tidak jauh dari kandang domba, terdapat mata air langsung dari lereng Gunung Ciremai. Nama mata air tersebut adalah Kahuripan. Airnya langsung dapat diminum tanpa dimasak terlebih dahulu, dan telah teruji oleh dinas kesehatan setempat. Masyarakat pun percaya jika meminum air dan membasuh muka di tempat itu akan awet muda. Selain itu semua keinginan akan terkabul.

Cibuntu juga dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. Di 2017, Cibuntu terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

IN Today pun berkesempatan menilik homestay Teratai 3 milik Bu Narjo, yaitu homestay yang memiliki standar se-ASEAN. Di antaranya, memiliki minimal 5 kamar, terjaga kebersihannya dan yang melayani adalah tuan rumah. Saat memasuki homestay tersebut, sang pemilik langsung menyambut hangat kedatangan tamu dan disuguhkan Jasre alias jahe dan serai dalam bentuk minuman.

Langsung terbayang bukan, hangatnya jasre diminum ditemani sejuknya Kuningan. Saat meminumnya, ada berbagai manfaat nih diantaranya membantu menurunkan berat badan, berfungsi sebagai antioksidan, mengurangi kolestrol, mengurangi bau mulut, dan meningkatkan kekebalan tubuh. IN People jadi tak sabar memasukkan Desa Wisata Cibuntu ke bucketlist liburanmu! (han/sof)

Simak Video 'Podcast With Eddy Soeparno: PAN Sudah Menentukan Capres yang Diusung Untuk Pemilu 2024':

Komentar

...
Entertainment
Katy Perry Bakal Rilis Album "143" pada 20 September!
Katy Perry bakal merilis album terbarunya berjudul "143" pada 20 September! "143" terkenal dengan kode yang bermakna "aku cinta kamu" yang kerap dipakai ketika mengi...

12/07/2024, 15:22 WIB

...
Entertainment
Meiska Adinda Ajak Pendengar Cintai Diri Sendiri Lewat Album Perdananya ‘Hanya Figuran’
Meiska Adinda merilis album perdana yang berjudul ‘Hanya Figuran’ pada hari ini, Jumat, 12 Juli 2024. Album tersebut berisi sepul...

12/07/2024, 15:18 WIB

...
Lifestyle
Robot di Korea Selatan Bunuh Diri Akibat Beban Kerja Berlebihan
Sebuah robot di Korea Selatan “bunuh diri” akibat beban kerja yang berlebihan. Robot ini, dikembangkan Bear Robotics dan bekerja...

12/07/2024, 13:19 WIB

...
Entertainment
Film Terakhir ‘The Conjuring’ Tayang 5 September 2024
Film terakhir The Conjuring dijadwalkan tayang 5 September 2025. Jadwal itu dikonfirmasi Warner Bros. selaku studio yang menaungi film horor tersebut. film keempat T...

12/07/2024, 13:14 WIB

...
Entertainment
Ellen DeGeneres Akan Tinggalkan Hollywood Usai Berbagai Kontroversi
Setelah berbagai kontroversi di The Ellen DeGeneres Show, Ellen DeGeneres mengumumkan akan meninggalkan Hollywood setelah program spesial di Netflix. Diberitakan New...

12/07/2024, 13:10 WIB