Travel

Sabtu, 26 September 2020 20:05 WIB

Ini Makanan Wajib IN People Saat ke Kuningan

IN Today Media

Nasi kasreng awalnya terdiri dari toge, udang rebon, ikan benteur atau yang dikenal dengan ikan parai dan sambel. Namun seiring perkembangan makanan tersebut ditambah dengan burung puyuh dan menu osengan lainnya.

 

Setiap kota pasti memiliki makanan khasnya masing-masing, seperti halnya Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. IN Today merekomendasikan beberapa jenis kuliner makanan yang wajib disantap IN People saat berkunjung ke kota kuda ini. Dijamin IN People makin betah deh di Kuningan!

Hucap

Hucap merupakan singkatan dari tahu kecap, makanan ini terdiri dari, tahu, ketupat, bawang goreng sebagai taburan. Hucap cocok dimakan sebagai sarapan dan ada juga yang merekomendasikan sebagai pengganjal perut seperti makan bakso.

Rasa tahu kecap dijamin membuat lidah bergoyang karena perpaduan rasa masam dan manis ditambah bawang goreng. Belum lagi ketupatnya yang lembut dan istimewa dibanding ketupat daerah lain.

Jika IN People ingin mencoba hucap cukup merogoh kocek sebesar Rp14.000 saja lho. Terjangkau bukan harganya? IN Today juga merekomendasikan nih tempatnya yaitu Hucap Ma Iroh yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, Kuningan.

Oh iya IN People, hucap ini juga pernah dikunjungi oleh keluarga presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, bahkan putra SBY Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merekomendasikan hucap ini karena rasanya yang top.

 

Nasi Kasreng

Saat mendengar kata kasreng, mungkin IN People terasa aneh. Disebut ‘kasreng’, karena penjual pertamanya ialah Bu Kasrih asli Luragung. Namun, pembelinya menyebutnya kasreng, sehingga namanya nasi kasreng.

Nasi kasreng awalnya terdiri dari toge, udang rebon, ikan benteur atau yang dikenal dengan ikan parai dan sambel. Namun seiring perkembangan makanan tersebut ditambah dengan burung puyuh dan menu osengan lainnya.

Lauk di sini sangat banyak loh IN People, sehingga bebas memilih. Ditambah adanya golono yaitu gorengan khas Kuningan yang berbahan ampas tahu. Harganya nasi kasreng pun terjangkau mulai dari Rp13.000-Rp15.000, sedangkan golononya hanya Rp500.

Nasi Kasreng Beringin Khas Luragung berlokasi di Jalan Dewi Sartika, Kuningan. Posisinya pun tidak jauh dari Hucap Ma Iroh.

 

Rujak Kangkung

Mendengar kata rujak pasti yang terlintas ialah kudapan buah dengan sambal khasnya. Tetapi jika di Kuningan ada rujak kangkung. Biasanya kangkung kebanyakan dimasak oseng, namun disini menggunakan rujak.

Biasanya orang yang memakan kangkung akan terasa mengantuk, tentu rujak kangkung ini berbeda karena dapat membuat IN People membuka mata saat merasa pedas. Saat menikmatinya, IN People dapat mencicipi kerupuk yang terbuat dari tepung aci yang disediakan.

Di warung yang berlokasi di Jalan RE Martadinata, Kuningan, kangkung tersebut direbus dalam wadah panci. Hanya beberapa menit saja, kangkung tersebut langsung diangkat dan diberikan bumbu rujak. Sehingga pembeli hanya tinggal mengaduk bumbu dan memakannya. Untuk satu porsi rujak kangkung, IN People hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp13.000.

 

Sorabi Cibulan

Jika IN People terbiasa memakan pancake, ada juga nih versi Indonesianya yaitu sorabi. Sorabi berasal dari bahasa sunda yaitu ‘sura’ yang artinya besar. Di Kuningan juga terdapat sorabi khas nih IN People yaitu Sorabi Cibulan. Keunikan sorabi disini memiliki menu 100 toping sorabi berbeda.

Selain itu, cara memasaknya masih menggunakan tungku yang berasal dari tanah liat. Sehingga rasa yang tercipta terasa alami. Menu sorabi pun dikategorikan berbagai macam, ada original seharga Rp2.000 hingga sorabi asin seharga Rp25.000. Adapun sorabi manis dengan toping yang jarang dapat ditemukan di tempat lain.

Rasa dari sorabi original pun sangat menggoyang lidah, meskipun rasanya murni kelapa tetapi kemurnian dari sorabi nikmat ketika digigit. Sorabi manis juga tak kalah menggoda lidah, apalagi sorabi kurma yang manisnya terasa pas.

Saat mencoba sorabi asin, agak sulit saat ingin melipatnya karena topingnya yang banyak dan tebal. Untuk rasa tidak perlu dikhawatirkan lagi karena toping dan sorabi menjadi kesatuan yang nikmat.

Ada tips nih untuk IN People, saat makan sorabi ini sebaiknya dilipat dua agar rasanya semakin nikmat. Bukan hanya jadi cemilan warga lokal, ternyata sorabi ini digandrungi turis mancanegara seperti Turki, Jepang, dan Jepang. Lokasi Sorabi Cibulan tidak jauh dari tempat wisata pemandian Cibulan. Yuk melancong ke Kuningan! (han/sof)

Simak Video 'Bintang Gemilau, Mutiara Azka, Amira Karin, Deabdil On the Mic #7 (Live Perform#INSTRUMENTS#Season3)':

Komentar

...
Entertainment
Katy Perry Bakal Rilis Album "143" pada 20 September!
Katy Perry bakal merilis album terbarunya berjudul "143" pada 20 September! "143" terkenal dengan kode yang bermakna "aku cinta kamu" yang kerap dipakai ketika mengi...

12/07/2024, 15:22 WIB

...
Entertainment
Meiska Adinda Ajak Pendengar Cintai Diri Sendiri Lewat Album Perdananya ‘Hanya Figuran’
Meiska Adinda merilis album perdana yang berjudul ‘Hanya Figuran’ pada hari ini, Jumat, 12 Juli 2024. Album tersebut berisi sepul...

12/07/2024, 15:18 WIB

...
Lifestyle
Robot di Korea Selatan Bunuh Diri Akibat Beban Kerja Berlebihan
Sebuah robot di Korea Selatan “bunuh diri” akibat beban kerja yang berlebihan. Robot ini, dikembangkan Bear Robotics dan bekerja...

12/07/2024, 13:19 WIB

...
Entertainment
Film Terakhir ‘The Conjuring’ Tayang 5 September 2024
Film terakhir The Conjuring dijadwalkan tayang 5 September 2025. Jadwal itu dikonfirmasi Warner Bros. selaku studio yang menaungi film horor tersebut. film keempat T...

12/07/2024, 13:14 WIB

...
Entertainment
Ellen DeGeneres Akan Tinggalkan Hollywood Usai Berbagai Kontroversi
Setelah berbagai kontroversi di The Ellen DeGeneres Show, Ellen DeGeneres mengumumkan akan meninggalkan Hollywood setelah program spesial di Netflix. Diberitakan New...

12/07/2024, 13:10 WIB